Sabtu, 10 Oktober 2015

BAB : 14 : IBTIDAIYAH DZIKIR LATHOIF...LATIN...


BAB : KE EMPAT BELAS :


IBTIDAIYAH DZIKIR LATHOIF


Agar supaya lancar menjalankan dzikir tujuh lathifah seyogyanya dilakukan latihan – latihan bertahap karena mungkin angkatan sesama murid itu tidak sama sebagai tarap pertama di dzikirkan lafazh…Bismillahirrohmanirrohiim …sebanyak bilangan ‘adad hurupnya yaitu ( 768 x ) yang dibagikan kedalam tujuh lathifah menjadi : 1. lathifatul qolbi ( 114 x ) dan dalam enam lathifah masing – masing ( 112 x ) yakni sebagai berikut :



1 . Lathifatul Qolbu …………… ………………………………... ( 114x )

2 . Lathifatur Ruuh  ……………………………………………………….( 112x )

3 . Lathifatus Siir     ……………………………………………………...………  ( 112x )

4 . Lathifatul  khofi …………. …………………………………………..……....  ( 112x )

5 . Lathifatul  Akhfa ………….………………………………………………….  ( 112x )

6 . Layhifatul  Nafsi annathiqoh ………………………………………..    ( 112x )

7 . Lathifatul Kulli jasadi  …………………………………………( 112x )

-----------------------------------------------------------------------------------

Jadi jumlah ………………………… ( 786x )



Diajarkan pada tiap – tiap ba’da shalat isa seperti berikut ini

  1. duduk tarik dari kanan kekiri pada tiap2 menjalankan dzikir didalam tujuh lathoif
  2. niat di dalam hati :
        Allahumma inni nawaitu khonwata tabatta wailaika wabtidhoan limardhotika ya akramal akromiin

  1. dengan lisan membaca :
fatihah ilaa khadaratin nabiyyil musthofa muhammadin .s.a.w. serta shahabat empat – abubkar – umar – usman – ‘ali – masyaihi alqodariyah dan naqsabandiyah pemimpin kita saihuna .-ibu – bapak – mu’kminin  - mu’kminat – fatihah dan surat alikhlas dihadiyahkan seumpamapahalanya pada yang telah tersebut diatas.
  1. mulailah kepala ditundukan dengan muka cenderung kepada jurusan lathifatul qolbi kedua mata di pejamkan – lidah ditekuk keatas langit langit ( laklakan ) dan badan tidak bergerak sampai selesai.
  2. lalu didalam hati berdo’a dan berdzikir.
Ilahi antal maqshudii waridhokal mathluubi ‘atinii mahabbataka wa’rifataka .allahu nazhiri allahu khadirii allahu ma’ii


barulah mendzikirkan ( Bismillahirrohmanirrohiim ) menurut bilangan yang      tersebut diatas pada tiap – tiap lathoifnya demikian juga nanti.


dalam hal mendzikirkan lafazh 2 apa saja didalam tujuh lathifah sebagaimana pula lihat keterangan pada halaman ( ………..) bab kesepuluh.

 
6.      ditutup dengan do’a yang dibaca biqolbi juga.

              Bismillahirrohmanirrohiim 
Allahumma inni asalukattaubata wal inabata wal istiqomata ‘alassari’atilghoroi wathoreqotilbaidhoi birohmatika yaarhamarrohimiin.
Barulah kedua mata kita dibuka.

TARAF KEDUA

Mendzikirkan surat alfatihah – menurut bilangan ‘adadnya dengan tatacara seperti pada mendzikirkan – bismillahirrohmanirrohiim tersebut diatas.

 

TARAF  KETIGA


Mendikirkan shalawat .
Dengan bilangan ‘adad hurup nama yang didzikirkan atau tiap lathoif ( 10 x / 100 x / 1000 x

Bismillahirrohmanirrohiim .allahumma sholli wassaliim ‘ala syayyidina muhammadin wa’ala ali sayyidina muhammadin bini’mati sayyidina muhammadin bibarkati syayyidina muhammadin  
                                                                                                                      
Shalawat Annaqsabandiyah

Allahumma  shalli ‘ala syayyidina muhammadin wa’ala ‘ali syayyidina uhammadin ‘adadaka kulli daain wabarik wasalim ‘alaihi wa’anaihim kasyiron – kasyiron – kasyiron . dengan tatacara seperti pada tarap pertama dan tarap kedua.

       TARAF KE EMPAT


Mendzikirkan Istighfar :

Dengan bilangan ‘adad huruf nama atau tiap – tiap lathoif ( 10 x / 100 x / 1000 x )

  1. astaghfirullah wa atubu ilaihi
  2. astaghfirullahal ‘azhiim innahu kana ghofaro
  3. yaghofaro ighfirlii dzambii

dengan tatacara tarap – tarap yang lalu.

     TARAF KE LIMA

Masih dengan tatacara yang sama : mendzikirkan tabiihul kamal.
Subhanallahi walhamdulillahi walailaha illallah wallahu akbar walahaulawala quwwata illabillahil  ‘aliyyil ‘azhiim.
Dengan bilangan pada tiap2 lathoif (10 x/ / 100 x / 1000 x ) atau menurut bilangan hurup nama.

   TARAF KE ENAM
Keterangan : kepada ahlinya : duduk pada seperti dzikir lathoif, badan semua dilemahkan dan disertakan dzikir sirr dengan membawa rasa menarik sambil menghela dari jempol kaki sampai keatas baital ma’mur maka tiap – tiap lathoif ucapan dzikir dengan menahan nafas panjang demikian berlaku bagi tiga – tiganya dzikir.

Dzikir Mizan

Ini dimulai dengan mendzikirkan (Huu) diteruskan dengan mendzikirkan kalimat (nafi isbat)
  1. mula-mula dzikir (Huu) dihela dari bawah pusat (Johar awal) sampai kedalam otaq kepala  (lathifatuln-nafsi anathiqah) dengan nafas panjang satu kali sempai ada (rasa) :terada dan terlihat betul-betul, jelas ; nafas ditahandibawah pusat lalu dinaikan (dihela) ismudza-dzat (Huu)dari bawah pusat johar awal itu kedalamlathifatunnafsi anathiqah lantas dihela terus kebahu (pundak) kanan terus ke lathifatur-ruuh  tersebut masuk ke lathifatul qalbu. 

     2.  setelah itu diganti berdzikir terus di dalam lathifatul qalbu dengan kalimatul ’ulya                       (Allah,Allah,Allah) sehingga meresapbenar terasa dan terada menjalar keseluruh tubuh  (Baqaibillah), lalu: 


  1. bergantilah dzikir dengan lisan (Laa ilaha illallah) sambil di ikuti dengan tarikan dari : (Johar awal) –lathifatunnafsi anathiqah-bahu kanan-lathifatul akhfa-lathifatul qalbu-sedemikian sehingga kalimat : nafi itsbat itu menerangi (Hati).


Keterangan : Dzikir dengan suratul ikhlashi didalam ‘alamul-amri yakni didalam lathif yang ke (lima) itu hendaklah di Dzikirkan dengan ayat2 suratul-ikhlashi di lazimkan hingga mendapat rasa terada dan terlihat dengan ‘ainal bashirat dan nurul iman di dalam tiap-tiap lathifah itu.


Jikalau sekiranya belum mendapat rasa terada dan terlihat kalimatul/ayat tersebut maka hendaknya tetap diteruskan dahulu pada lathifah yang bersangkutan yakni jangan pindah kedalam lathifah berikutnya.


Demikianlah dikerjakan dampai benar-benar mendapat (rasa terada dan terlihat kalimat/ayat suratul ikhlashi) itu di dalam kalimahnya lathaif tersebut.

Maka disempurnakanlah dengan cara sirru yakni dengan cara sulthani dzikri, Membaca  :
 


Qulhuwallahu ahadu, bifadhliha yarabbi latakilnii ilaa ahadu, wa idza tuhawijnii ilaa ahadu, waghninii ya rabbi ‘an kulli ahadu, yaman ilaihil mustanadi wa’alaihil mustanadi, ‘alian ‘alal’ulaa fauqal’alaa fardu shamad, munazzahu fiilmulkihi laisa lahu syariikun walaa walad, warizquhu mayassarru yajrii ‘alaa thuulil maad, yasayyidii khudbiyadii minazh-zhalamii ilaarrasyad, wanajjinii min kulli dhiiqin watakunu ya ilahal fahli bihaqqillahualsh-shamad, walam yulad walam yakun lahu kufuan ahadu,



*****Rahmat Mulyadi Taman Bima Permai Jln : Sena  III Blok A 11 Cirebon Jabar*****



Wallahu’alam bish-shawab

tamat































Tidak ada komentar: