Sabtu, 10 Oktober 2015

BAB 20 . BEBERAPA THOREKAT DZIKIR ..latin...

BAB 20

BEBERAPA THOREKAT DZIKIR

Thoreaqat ajalatutiyah. Thoreqat ini datang dari pada Rasulullah .s.a.w.dan pada mulanya diturunkan kepada Syaidina Abubakar Shidiq - lalu pada Syaidina Umar – terus kepada Syaidina Usman – terus kepada Syaidina ‘Ali .r.a  – maka turun kepada Syaidina Hasan -  dan Husyaen - kemudian sampai kepada kholifah Harun arrasyid –dari pada beliau kepada al-imam nurudin  al-ashhafani  - kemudian kepada imam Abuhamid al-ghazali .r.a adapun thoreqat dzikirnya pun pada tujuh latifah sebagai berikut.
 

DZIKIR AL WAQAUF

Didalam latifhatul qolbi dikosongkan / dilapangkan dengan menahan napas sekurang – kurangnya satu menit tidak bergerak apa-apa dan didalam lathifatul qolbu.
Itu menunggu datangnya Nuur Muhammad .s.a.w mengharap limpah karunia Allah dan Nuur Muhammad s.a.w.
·   ----------------------------------------------------------Yaa Hwu
·   ---------------------------------------------------------------------Yaa Allah
·   -----------------------------------------------------------------------------Yaa Haq

.----------------------------------------------------------------------Yaa Rasulullah

·   ------------------------------------------------------------------------Yaa Hwu
·   --------------------------------------------------Yaa Mu’minullah

Bismillahirrohmanirrohm alahumaghfirli warham syekh ahmad baydhowi  al-musthofa nuur muhammad .s.a.w aqomtu alaika ayyuhassilahu bilwahidil fatah antadhula bissalam watakhriju bila ‘alam fisirri hawau waadamu.


Artinya : dzikir al-waqof itu tampa dzikir Nafi Isbat tampa dzikir Asma tampa dzikir Ismudz-dzat, hanya menghimpunkan semua lathifoif kedalam lathifatul qolbu. Dan memasukan khawasil khomsah kedalam lathifatul qolbu, sedangkan dalam lathifatul qolbu itu menunggu datangnya Nuur Muhammad s.a.w mengharap limpah karunia Allah yakni Nuur rasulullah s.a.w. yang berdzikir lafadz al-jalalahu ( Allah –Allah – Allah ) itu hanya didalam lathifatul akhfa ( Lembaga Muhammad ) afdholudz-dzikri adz-dzikru khofiyyi ( al-haits ) dan ketahuilah bahwa lafazh al-jalalah melalui tiap-tiap layhoif itu mengandung sirr,

ADZDZIKRI LINAFSI SAB’AH
Bahwa sanya yang di maksud dengan nafas yang .7. itu adalah :
1 . --------------Nafsul ila Amarah
2 . ---------------------------------------Nafsul lawamah
3 .------------------------------------------------------------ Nafsul Mulhimah
4 .----------------------------------------------------------------------------------- Nafsul Mutmainnah
5 . --------------------------------------------------------------Nafsur rodhiyah
6 . ---------------------------------------Nafsul Mardhiyah
7 . ------------------Nafsul Kamillah
Adapun yang di maksud dengan khawasil khomsah ( Pancadria ) adalah
1 .-----------’Ainainun ( Penglihatan )
2 .------------------------------------------ Udzunainun ( Pendengaran )
3 . -------------------------------------------------------------------------------Syamun ( Penciuman )
4 .------------------------------------------------------ A’rqun ( Perasaan )
5 , ---------------------------Lamsun ( Perabaan )

Membuka mempelajarinya  satu persatunya tempat wilayahnya . linafsissab’ah tersebut Secara ilmiahnya adalah sebagai berikut :

 


Dan untuk mengerjakannya satu persatu adalah sebagai berikut : (a‘maliyahnya )




Sebelum mengerjakan dzikir Nafsil amarah didalam maqom yang = 7 = didalam lathoif yang tujuh maka terlebih dahulu hendaknya mengerjakan dzikir yang disebut dibawah ini dengan cara Shulthoni dzikri.

Bismillahirrohmanirrohiim.     Ashollatu    daimulhaq   yaahuwa   annalhaq    (300x)

maka tiap-tiap selesai (100x) diselingi menbaca do’a .
Yaa hwuhaq–-laahaq--– walaa kholaq–-maujudullahu ‘alaihi ma’rifatullah (3x)

Bismillahirrohmanirrohiim .allahumma daimun–hwuhayyun–huwallahu hayyun–(hii) hwu hayyun–shomadun huwallahu lailaha illahua hayyun daimun -fii -hwu - illallah syahidtu nafsi  wahdahu  lasyarikalahu  lailaha   illallah

Maka  dzikir tujuh maqom  ini di pusatkan dalam  lathifatul qolbu ditunjukan kepada masing-masing lathifahnya sebagai mana digambarkan dihalaman yang lalu.
ALMAQOMUL AWWALU MINHA LINAFSIL  AMRAH

Adapun maqom yang pertam dari padanya bagi nasil amarah :
Dan rupanya itu azraq  (biru)
Dan tempatnya pada Shodru (dada)
Dan ‘alamnya  itu ‘alam syahadah
Dan Waridnya itu Syare’at
Dan nama yang di dzikirkannya di situ oleh yang mempunyai ini maqom (Laa ilaha Illallah)
Dan bilangan dzikirnya itu (100, 000 x) dan tawajuhnya

Bismillahirrohmanirrohiim ilaho azhahir ‘alazhohiri sulthona laialaha illalah wahaqqi bathoni biharhoti lailaha illallah . wahfidniya allahumma fii maroibin wujuduka hatta laa asyhadu ghairo af’alika washifatika biwajhikal haqqi lailahaillalah.

artinya : wahai tuhanku terangkanlah / nyatakanlah diatas lahirku (jasmaniku) akan saripati  intinya–laillaha illallah–dana mahon tetapkanlah bathinku dengan liputan. Wujud engkau dengan suhud engkau (zhohirnya–af’alnya engkau) sehingga tiada aku bersaksi melainkan af’al engkau jua dan shifat engkau dengan dzat engkau yang Haq. (lailaha illallah) dan pada oni maqom dijalankan illallah  (kepada Allah) dan tawajuh kepadanya menghilangkan Diri pada segala ‘aradh yang  bangsa Dunia, maka hal  yang mempunyai ini maqom semata-mata iaya cenderung sedemikian. 

ALMAQOMUSSANI MINHA LINAFSIL LAWAMAH

Adapun maqom yang kedua dari padanya bagi nafsil amarah
Dan rupanya cahyanya itu aspar (kuning)
Dan ‘alamnya itu barjah  (alam misal)
Dan tempatnya itu didalam qolbu (hati) yaitu qodar dibawah susu kiri
D an waridnya itu thoreqat
Dan nama yang didzikirkannya disitu oleh yang mempunyai ini maqom adalah nama  dzat (al-wajibul wujudu) yakni lafazh  al-jalalah  (Allah–Allah–Allah)
Dan bilangannya itu (78084 x) Tawajuhnya itu.

 Bismillahirrohmanirrohiim . (yaa allah 3x) dullahi ‘alaika warzuknissabata mutaa abdi babihi baina . yadayyaka yaa allah (3 x) ilahij alqolba abdikadh-dhoifi mudhhiron lidzatika wamuttabi’an ila yatika yaa allah.

Artinya : yaa allah tunjukan diatas engkau dan karuniailah hamba dengan ketetapan engkau supaya hamba beradab kelakuan baik dengannya kekhaddirot engkau yaa allah  yatuhanku jadikanlah  Hati hambamu yang lemah ini melihat nyata akan dzat engkau yaa allah.
       
Dan pada ini maqom yang dijalankan lillahi ta’ala dengan memutuskan nadziro (pandang) pada segala paidah yang bangsa dunia serta menilik kepada segala faidah yang bangsa akhirat dan menilik kepada mehasilkan ( muroqobatul irfaniyah ) pengetian / pengenalan.
ALMAQOMU TSALITSU MINHA LINAFSILMULHIMAH

Adapun maqom ketiga daripadanya bagi nafsil mulhimah
Dan rupanya cahyanya itu ahmar ( merah )
Dan tempatnya itu pada ruuh. Yaitu qodar dua jari dibawah susu kanan
Dan waridnya itu ma’rifat
Dan ‘alamnya itu ( ‘alamul ruuh )
Dan nama yang didzikirkan disitu oleh yang mempunyai ini maqom adalah ( hwu-hwu
Dan bilangan dzikirnya itu  ( 40630 x )

Bismillahirrohmanirrohiim . yaman huwallahulladzi  lailaha illallahu (3x) ilahi haqqiq bathini bisirri huwatika wafni ‘anni ana niyani antushila ilahuwahidatikal ‘aliyati. Nyaman laisa kamitslihi syaiun fii anni kulla syaiin ghoiroka. wakhofif anni bikhola kana inil maujudati wamhu ‘anni naqthotal ghoiriyyati lisy-syahiduka wala adri ghoirika (yaa hwu- yaa hwu–yaa hwu ) lisiwaka aujuda. Yaawujudul wujud. (yaa allha–yaa allah–yaa allah) walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Artinya : yaa tuhan yang tiada tuahan hanyalah dzatnya – yaa tuhanku tahqiqkanlah bathinku dengan raasia dzatmu dan karamkanlah (fanakanlah) daipada hamba segala waktu (cita) hamba hingga hamba sampai kekhadirat dzat engkau yang maha tinggi – yaa tuhan yang tiada seumpama apapun, fanakanlah daripada hamba tiap segala sesuatu selain engkau dan ringankanlah, dari padaku  titik yang bangsa lain agar supaya dapatlah hamba mengenal selain dari pada engkau yaa dzat tuhan tiada dzat diri selain engkau itu maujud wahai dzat yang wujudul wujud yaa allah yaa dzat demi segala puji itu bagi allah seru sekalian ‘alam.

Dan pada ini maqom yang yang dijalankan (‘alallahi ta’ala) yaitu perjalanan dengan memandang semata-mata akan asma dan shifatullah dengan memutuskan pandang titik pada segala faidah mehasilkan (murokobatul irfaniyah) yang pandanganna hanyalah pada alah semata-mata.
ALMAQOMURROBI’U MINHA LINAFSIL MUTHMAINA

Adapun maqom yang ke Empat dari padanya bagi nafsil mutmainah
Dan rupanya itu abyadhu (putih)
Dan alamnya itu alam lahut (haqeqatul muhammadiyah)
Dan waridnya itu pada sirr tempatnya itu pada pihak dada kiri cenderung qodar dua   jari diatas susu kiri
Dan nama yang didzikirnya disitu oleh yang mempunyai ini maqom yaitu (hayyun) didzikirkannya  (yaa hayyun -yaa hayyun–yaa hayyun)
Dan bilangan dzikirnya adalah ( 20092 x )

Bismillahirrohmanirrohiim .
Yaa hayyun (3x) ahyini hayaatan thoyyibatan–wasqini min syarobi mahabbataka aghdabahu  waatbabahu–ilahi haqqia hayati bika (yaa hayyun-yaa hayyun–yaa hayyun) ilahi ahyi ruuhi bika hayatan wamnah sirri bika filkhadaratisy syuhudiyyati wathlit wamlaa qolbi  bilma’arifir robbaniyyati . wathlit lisani bil’uluumil laduniyyati 
(yaa hayyun–yaa hayyun – yaa hayyun) birohmatika yaarhamarrohimin .

Artinya : wahai tuhan yang maha hgidup . hidupkanlah hamba akan kehidupan yang baik dan kucurkanlah dari minumnya kecintaan engkau tawarnya maupun manisnya . wahai tuhanku tahqiqkanlah kehidupanku serta engkau wahai yang maha hidup . wahai tuhanku hidupkanlah jiwaku serta engkau akan kehidupan yang abadi dan lagi limpahkan rahasia hamba beserta engkau didalam segala khadirat.
Syuhudiyah . dan penuhilah matiku dengan pengertian / pengenalan ingatan yang bangsa ketuhanan dan lancarkanlah lidah hamba dengan segala ilmu –ilmu yang bangsa

laduniyah . wahai tuhan yang maha hidup dengan rahmat engkau jua . wahai tuhanku yang maha pemurah lagi maha pengasih .
Dan pada ini maqom yang dijalankan ma’allahi ( serta allah ) yaitu perjalanan dengan memandang segala asma allah dan shifat allah serta allah dan khadirnya

Karena firman allah :  Wahuwa ma’akum ainama kuntum

Artinya : dan dzat allah beserta dinama saja kamu berada.

Dan lagi mengingat sabda nabi besar muhammad s.a.w

Al-ikhsanu anta’budallahu kaannaka syarohu faillam takun tarohu fainnahu yaroka.

Artinya : ikhsan itu adalah bahwa engkau (mengabdi kepada allah) seolah–olah keadaanmu (melihat allah) maka manakala keadaanmu (melihat dzatullah)maka sadarilah bahwa sesungguhnya (allah melihat kamu)

Serta pula menilik  firman allah : wanahnu aqrobu ilaihi min hablil wariid.

Artinya  : dan kami allah terlebih hampir kepadanya (makhluq) dari pada urat nadinya. / leher (q .16)

AL’MAQOMUL KHOMISU MINHA LINAFSILRODHIYAH

Adapun maqom yang kelima dari padanya baginafsu rodhiyah .
Dan rupanya itu (hijau)
Dan lalamnya itu  ‘alam haqeqat
Dan tempatnya itu pada sirru – sirri kulli jasadi
Dan waridnya itu ma’rifat
Dan nama yang didzkirkannya disitu oleh yang mempunyai ini maqom yaitu  (wahidu) didzkirkannya (yaa wahidu)
Dengan bilangan dzikirnya itu ( 93420 x ) dan tawajuhnya adalah :

Bismillahirrohmanirrohiim .yaa wahidu  (3 x) ilahi antal maujudu ij’alni maujudan wahdaniyyatika muayyadan bisyuhudi qurbi ansika . yaa wahidu (3 x) ilahi antal maujudu fii dzatika biuluhiyatika . yaa wahidu (3 x)

Artinya : wahai tuhanku yang maha Esa, yaa tuhanku engkau yang maujud, jadikanlah hamba maujud dengan nuur cahya keesaanmu yang membawa kenyataan zhohir menghampiri kesukaan engkau wahai yang maha Esa. Yaa tuhanku engkaulah yang maujud pada dzat engkau beserta ketuhanan engkau wahai yang maha Esa.

Dan pada ini maqom yang dijalankan fillahi (pada allah) yaitu keadaan bagi hamba tajalli oleh tuhannya sebagai tajalli dengan memusatkan kebanyakan asmanya dan shifatnya yang kepujian yang besertanya. Dan bilangan segala tajalli yang dzatiyah itu yang ditajalikan baginya yang tiadalah dengan sekiranya dzatnya maka bahwasanya baginya yang Esa,( tashorofu ) yang mutlaq tetapi bilangan rupa seakan bagi yang menilik pada yang Esa didalam cermian .

AL’ MAQOMUS SADISU MINHA LINAFSIL MARDIYAH

Adapun maqom yang keenam dari padanya bagi nafsil mardiyah
Dan rupanya / cahyanya itu aswad (hitam)
Dan alamnya itu alam syahadah (alam ajsam)
Dan tempatnya itu pada khofi yakni didalam dada pihak kanan qodar dua jari dia
Atas susu kanan
Dan nama yang didzkirkan adalah (‘azizu) didzikirkan (yaa ‘azizu)
Dan bilangannya (74644 x) dan tawajuhnya itu,

Bismillahirrohmanirrohiim: yaa ‘azizu (3x)  ‘azizinii biqurbika . waj’alni min ‘ibadikal ‘aziini (3x) ilahil ‘aziizinii bi’azzatika vaj’alnii makruuman ya’azizu birohmatika yaa arhamarrohimiin.

Artinya : wahai tuhanku yang maha mulya. Mulyakanlah hama ini dengan berhampir kepada engkau dan jadikanlah hamba dari golongan hamba-hambamu yang mendapat kemulyaan–yaa tuhanku mulyakanlah hamba dengan kemulyaan engkau wahai yang maha mulya dan jadikanlah hamba sebagai memperbuat pekerjaan-pekerjaan kemulyaan dengan rahmatmu–wahai tuhan yang maha pengasih maha penyayang.

Dan pada maqom ini yang dijalankan minallahi (dari allah) yaitu (ruju’) atas jalan yang diridhoi kepada maqom : fiiqi watukmili walirsyadi . (maqom yang mendapat terangnya kejelasan yang selalu disempurnakan dan tunjukan dengan kelurusan.

AL’ MAQOMUSSABI’U  MINHA LINNAFSIL KAMILAH

Adapun maqom yang ketujuhdari padanya bagi Nafsi kamilah yang jiga disebut Nafsul u’budiyah :
·   Tiada baginya rupa cahya
·   Dan ‘alamnya itu ‘alamul hayal
·   Dan tempatnya itu pada akhfa yaitu ditengah-tengah dada
·    Dan waridnya itu pada sekalian yang telah tersebut
·    dan nama yang didzikirkannya oleh ang mempunyai ini maqom: wadudu di dzikirkannya (yawadudu) dengan bilangannya (10100 x) sepuluh ribu seratus 

bismillahirrohmanirrohiim
yaa wadudu (3 x) ilahi ij’al fii qolbi wuddanlaka (3 x)  yaa  wadudu (3 x) ilahi ‘athinii waddafi qolbi waqulubil mu’mininal ‘arifina . yaa wadudu (3 x) ilahil ‘ij’allii indaka ‘ahddan waj’alii indaka wuddan waj’allli fii qulubil mu’minin wal ‘arifina mawadatan . ilahi ikfinii sarroma akfaitahu biyadika yaa wadudu (3 x) birohmatika yaa arhamarrohomin.

 Artinya : wahai tuhan yang maha cinta. Wahai tuhanku jadikanlah didalam hati hamba cinta pada engkau. Wahai tuhan yang maha cinta. Wahai tuhanku limpahkanlah pada hamba cinta didalam hatiku dan segala hati orang2 mu’min yang ‘arif sekaliannya. Wahai tuhan yang maha cinta. Wahai tuhan jadikanlah bagi hamba diri pada engkau ikatan janji dan jadikanlah untuk hamba dari pada engkau ikatan cinta. Dan jadikanlah bagi hamba didalam hatinya orang2 mu’min dan orang2 ‘arif kecintaan. Wahai tuhanku jauhkanlah dari segala sesuatu yang telah engkau jauhkan dansedemikian itu didalam qudrat kekuasaan engkau wahai tuhanku yang maha cinta. Dengan rahmatmu wahai tuhanku yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Dan pada ini maqom yang dijalankan dengan baqou kesudian dari pada fanau atas yang dituntut didalam firman allah ta’ala :

Bismillahirrohmanirrohiim .  Innalladzina     yubayi’unaka     innama     yubayiullah.
Yudallahi yuqo aidiihiim faman takatsa fainnama yankatsa ‘ala nafsihi, waman ‘aofa bima ‘ahada ‘alaihullahu fasyayu’tihi ajron ‘azhima.     
                                                                                                                         
Artinya : bahwa sanya orang yang berjanji setia kepadamu (rasulullah) sesungguhnya dengan demikian itu mereka berjanji setia kepada allah.tangan allah diatas tangan mereka (allah menyaksi atas mereka) maka barang siapa yang melanggar janjinya niscaya akibat pelanggaran janjinya itu menimpa dirinya sendiri dan barang siapa yang menepati janjinya kepada allah maka alah akan menganugrahi fahala yang besar.

Demikianlah masih banyak faidahnya berbagai thoreqat dzikir melalui tujuh lathifah dengan sarat melalui bimbingan ijajah terpinpin oleh syekh almursyid, dan adalah mengandung siir dan berbagai hikmah.

RAHASIA TUJUH KHATAM DZIKIR TAHLII

Seyogyanya sekurang-kurangnya seumur hidup sekali orang melaksanakan (tujuh khatam dzikir tahlil) ini yakni satu khatamnya didzikirkan (lailaha illallah) malalui tujuh lathifah sebanyak (70.000 x) berarti dalam rangka tiap khatamnya adalah (10.000 x) melalui masing-masing lathifah. Maka tujuh khatam berarti jumlahnya (70,000 x) = (490, 000 x) dan adapun rahasianya tiap-tiap khatam sebagai berikut.

1.                        rahasia dzikir tahlil khatam yang pertama :
sebagai tebusan diri sendiri dari sentuhan api neraka

       2.   rahasia dzikir tahlil  khatam yang kedua :
            dipersembahkan kepada rasulullah s.a.w. beserta para keluarganya dan para   sahabatnya dan kepada para nabi-nabi / rasul –rasul alllah semuanya ‘alaihimassalam
3.                      rahasia dzikir tahlil khatam yang ketiga :
dipersembahkan / dihadiahkan kepada para ahli silsilatil qodariah wannaqsabandiyah dan ahli thoreqati ashufiyah dan para aulia allah dan kepada para guru-guru yang telah berjasa baik kepada kita.
4.                      rahasia dzikir tahlil khatam yang keempat :
dengan niat dihadiahkan kepada ibu bapak dan kepada orang yang bersangkutan dengan ibu bapak (leluhur saudara famil)
5.                      rahasia dzikir tahlil khatam yang kelima :
dengan niyat dihadiahkan seumpama pahalanya kepada musuh2 kita ( yang memusuhi kita ) yang berbuat kejahatan kepada kita.
6.                      rahasia dzikir tahlil khatam yang keenam :
dengan niyat seumpamanya fahalanya dihadiyahkan kepada semua sahabat / kawan /kenalan  kita yang bersangkutpaut dengan kita.
7.                      rahasia dzkir tahlil khatam yang ketujuh :
dengan niyat dihadiahkan sempama pahalanya kepada sekalian ruuh cucu nabiyullah adam dan ibu hawa alaihimassalam.

 Maka dzikir khatam tahlil dipusatkan didalam lathifatul qilbi lalu ditunjukan kepada masing-masing lathoif tiap-tiap khatamnya sebagai berikut.
MAKA DO’A SETIAP SELESAI KHATAM BER DZIKIR TAHLIIL

Maka do’a tiap selesai sekhatam berdzikir tahlil (100.000 x) itu adalah :
1.                        bismillahirrohmanirrohim (sekhatam yang pertama)
bismilahi allahumma. Wailaha illallah muhammad rasulullah.

      Merdekankanlah hamba ini dari pada siksa api neraka dengan berkat kemliaan  dzikir khatam tahlil. Lailaha illallah . yang telah hamba dzikirkan sejumlah  (70.000 x) birohmatika yaarhamarrohimiin.
2.                        do’a sekhatam yang kedua :
bismilahi alahumma. Lailaha illallahu muhammad habiballah.

Hamba mohon dapatlah kiranya disampaikan seumpama pahalanya
Khatam tahlil (laa ilaha illallah) yang telah hmba dzikirkan sejumlah (70.000 x)
Hamba persembahkan kekhadirat muhammad rasulullah s.a.w. beserta sekalian qaom keluarganya dan p[ara shohabatnya pun juga para nabi-nabi semuanya birohmatika yaarhamarrohimiin.
3.                        do’a sekhatam yang ketiga :
bismillahi allahumma . lailaha illallah muhammad rasululah.

Hamba mohon disampaikanlah kiranya seumpama khatam tahlil ( la ilaha illallah )
Yang telah hamba dzikirkan sejumlah (70.000 x) ini hamba hadiahkan kehadhirat ahli silsilatil thoreqotil qodariyah wannaqsabanndiyah. Dan kepada ahli silsilati thoreqoti shofiyah. Dan kepada para aulia. Dan kepada guru hamba. Yang berjasa baik kepada hamba. Birohmatika yaarhamarrohimiin.
4.                        do’a sekhatam tahlil yang keempat :
allahumma lailaha illallahu muhammad ‘abduhu warasuluh.

hamba mohon disampaikan seumpama pahalanya khatam   tahlil yang telah   hamba
dzikirkan sjumlah ( 70.000 x ) ini hamba hadiahkan kepada. Ibu dan bapak hamba dan kepada leluhur dan para shohabatnya beliau-beliau itu dan kepada sekalian arwah orang-orang yang bersangkutpaut dengan ibu bapak hamba . birohmatika yaarhamarrohimiin.
5.                        do’a khatam tahlil yang kelima :
bismillahi allahumma lailaha illallahu muhammadar rasulullah shalallahu s.a.w.

      hamba mohon disampaikan seumpama pahalanya khatam tahlil yang telah hamba dzikirkan sejumlah (70.000 x) ini hamba hadiahkan kepada. Arwahnya musuh-musuh hamba yang langsung maupun musuh-musuh yang tak langsung dan kepada arwahnya orang-orang yang berbuat krjahatan zholim. Aniaya. Zhohirnya atau bathinnya baik yang secara langsung maupun tidak langsung birahmatika yaarhamarrohimiin.
      
6.                        do’a sekhatam tahlil yang keenam :
bismillahi allahumma lailaha illallah muhammad sirrullah.

      Hamba mohon disampaikan seumpma pahalanya khatam tahlil yang t elah hamba dzikirkan sejimlah (70.000 x) ini hamba hadiahkan kepada arwahnya shahabat-shahabat hamba handaitholan. Kenalan hamba dan sekalian orang-orang bertali kasih dengan hamba. Birohmatika yaarhamarrohimiin.
7.                        do’a sekhatam tahlil yang ketujuh :
bismillahi allahumma lailaha illallah muhammad nurullah wasirullah wahabiballahi rasulullah .s.a.w.

hamba mohon disampaikan seumpama pahalanya khatam tahlil yang telah hamba dzikirkan sejumlah (70.000 x) ini hamba hadiahkan kepada sekalian arwahnya umat sayidina muhammad .s.a.w. dan segenap alam semesta dan kepada sekalian arwahnya anak-anak cucu –cucu . keturunan nabiyullahu adam .a.s. yang beragama islam. Amin birohmatika yaarhamarrohimiin.

Afdhalnya : utamanya sebelumnya mengerjakan Dzikir (7) Khatam tahlil tersebut di atas, terlebih dahulu menjalankan Dzikir memukul (7) nafsi, yaitu  sebagai berikut : 

 
KETERANGAN DZIKIR THOHAROT

Bermula :  Tujuh Nafsu :
·   --------------------------------------Nafsul Amarah
·   --------------------------------------------------------Nafsul Lawamah
·   ----------------------------------------------------------------------------Nafsul  Mulhimah
·   ----------------------------------------------------------------------------Nafsul Mutmainah
·   -------------------------------------------------------Nafsul Madhiyah
·   -------------------Nafsush shofi’ah awishofiyah

1.                  menjalankan  dzikr  nafi isbat  (lailaha illallah) didalam  dada  sejimlah  (70.000 x)
dan setelah selesai maka shalat hajat dua raka’at satu salam lalu membaca do’a.

      bismillahirrohmanirrohiim allahumma inni asytari minkal nafsiyal amarota bihadihil sab’ina alfan : lailaha illallah birohmatika yaarhamarrohimiin.

 Artinya : yaallah sesungguhnya hamba membelah membersihkan dari pada engkau nafsu amarah hamba dengan (70.000 x) ini lailaha illallah dengan rahmat engkau wahai tuhan yang maha pemurah lagi penyayang

2.                  menjalankan dzikir ismudzat (allah allah allah)  didalam siir  sebanyak (60.000  x)
setelah selesai maka shalat dua raka’at. Lalu membaca do’a :
          
         bismillahirrohmanirrohiim allahumma inni asytari minkal nafsial lawamah bihadihi sittina alfan  ( allah allah allah birohmatika yaarhamarrohimiin.

 3.  menjalankan dzikir (hwu hwu hwu) didalam siir sebanyak (50.000 x) telah   selesai maka shalat dua raka’at lalu membaca do’a.

  bismillahirrohmanirrohiim .allahumma inni asytari minkal nafsial mulhimah  bihadihi khomsina alfan ( hwu hwu hwu ) birohmatika yaarhamarrohimiin.

4. menjalankan dzikir asma (yaahaq yaahaq yaahaq) didalam sir sebanyak (40.000  x) setelah selesai maka shalat dua raka’at lalu membaca do’a.
bismillahirrohmanirrohiim . allahuma inni astari minka nafsial mutmainah bihadihil arbaina alfan yaahaq. Yaahaq birohmatika yaarhamarrohimiin.

5. menjalankan dzikir asma (yaa hayyun . yaa hayyun) didalam siir sebanyak (30.000 x) dan setelah selesai maka shalat dua raka’at lalu membaca do’a.
allahumma inni astari minka nafsial rodhiyah bihadihissalasina alfan birohmatika yaarhamarrohimiin.

6. menjalankan dzikir asma ( yaa qoyyuum ) didalam khofi sebanyak ( 20.000 x ) setelah selesai shalat dua raka’at lalu membaca do’a.
 bismillahirrohmanirrohiim allahumma inni minka nafsial mardiyah bihadihil ‘isrina alfan ( yaa qoyyum ) birohmatika yaarhamarrohimiin.

7. menjalankan dzikir asma (yaa qohar) sebanyak (10.000 x) didalam khofi  setelah selesai  maka shalat dua raka’at lalu membaca do’a.
     bismillahirrohmanirrohiim. Alahumma inni asytari minka nafsiyash shomi’ata  awish shofiyata bihadihil ‘asyarota alfan.  Birohmatika   yaarhamarrohimiin.
========
Demikianlah seyogyanya mengerjakan dzikir memukul tujuh nafas ini sebelumnya menjalankan / mengerjakan tujuh khatam tahlil yang telah tersebut.

Kifayah :

Berkhatam thoreqat syaidina syekh ‘abdul qodir jaelani : terlebih dahulu membaca fatihah tujuh inilah kifaytnya :

1.                        bismillahirrohmanirrohim . ila khadaratin nabiyil mushthofa muhammadin .s.a.w. waala alihi waashhabihi syau lillahilahum                  …………………………………..……….(alfatihah)

2.                        tsumma ilaruhi abaihi waihwanihi minal ambiyai wamursalina walikulli malaikatil muqorobina walqurbina wasy syuhadai washsholihina walikulli wailal arwahi (abina adam waumina hawa) wamatansala bainahuma ila yaumiddiin syaiun lillahi lahum       ………………………………(alfatihah)

3.                        tsumma ila arwahi sadatin wamawalina waaimmatina abibakri – wa’umar – wausman – wa’ali waila arwahi baqiyatish hsahabati walqarobati wattabi’ina wattabi’I tabi’ina lahum biikhsani ilayaumiddiin  syaun lilahi lahum……………… (alfatihah)

4.                        tsumma ila arwahil aimmatil mujtahidina wamuqllidina wamuqollidihim faddiini wailal arwahil ulamairrosyidin walquroil mukhlisiin waaimmatil hadiitsi walmufassirina wasairo sadatina shshufiyatil muhaqiiqina waila arwahi kulli waliyyin wawaliyyatin wamuslimin wamuslmati minmasyariqil ardhi wamaghoribiha waminbainiha ila simaliha syaun lilalihi lahum                  ……………………………..(alfatihah)

5.                        tsumma ila arwahi jami’I masaihil qodariyah wannaqsabanndiyah wajami’ii ahli turuqi khusushon syaidina wamaulan shulthoni aulia aysyaihu ‘abdul qodir jaelani baghdadi wasayyidissiris siqthi wasyayyidi ma’rufil karkhi wasayyidi habibil ‘ajami wasayyidi hasanil basri wasayyidi ja’far shodiq wasayyidi abi yajidil bushthomi wasayyidi yushuful hamadani wasayyidi bahauddini annaqsabandii wahadhrotil imamirrabbanii waushulii wafuru’ihim waahli silsilatihim walakhidina ‘anhum syau lillahilahum ………………………………….( alfatihah )

6.                        stumma ila arwahi walidina wawalidikum wamasyaihina wamasyaihikum waamwatina waamwatikum waliman aysana ilaina waliman lahu haqqu ‘alaina waliman aushona waataushona waqulladana bidu’a’I khoiri syaun lillahi lahum  ………                ……………………………………………....( alfatihah )

7.                        stumma ila arwahi jami’il mu’minina walmu’minati walmuslimina walmuslimati yaminiha ila syimaliha wamin qofin ila qofin minladuni adama ila yaumil qiyamati syaun lillah ahum …………………………..(alfatihah)

KEDUA MEMBACA :
1 .  shalawat ----------------------------------------( 100 x )
2 . Alam nasyrah . ilakh . ----------------------------------( 79 x )
   3 . Al’ ikhlash . ilakh          ----------------------------------------( 1000 x ) 
4 . Allahumma Yaa qodhiyal hajati . ---------------------------------------( 100 x )
5 . Allahumma Yaa kafiyal muhimat . ----------------------------------------------( 100 x )
6 . Allahumma Yaa rofi’addarojat . -----------------------------------------------------------( 100 x )
7 . Allahumma Yaa dafi’al baliat . ---------------------------------------------------( 100 x )
8 . Allahumma Yaa mahallul musykilat . ----------------------------------( 100 x ) 
9 . Allahumma Yaa mujibudda’wat . ----------------------------- ( 100 x )
10 . Allahumma Yaa syafiyal ardhi . ---------------------( 100 x )
11 . Allahumma Yaa arhamrrohimiin . ---------( 100 x )
12 . Sholawat . ------------------------------------------------------------( 100 x )
13 . Fatihah kepada hadhirat imam haujakanii . -------------------------------( 1 x )
14 . Fatihah kepada hadhirat sulthonil aulia sayyidina ‘abdul qodir jaelani------( 2 x  )
15 . Sholawat . -----------------------------------------------------------------------------------( 100 x )
16 . Hasbunallah ni’mal wakil . -----------------------------------------------------( 100 x ) 
17 . Fatihah  .7. lagi seperti tersebut pertama
18 . Sholawat . --------------------------------------------------------------- ( 100 x )
19 . Fatihah kapada hadhirat imam rabbani . ----------------------( 1 x )
20 . Sholawat . --------------------------------------------------------------- ( 100 x )
21 . Kemudian merendahkan diri kepada sekalian makhluq terada dibawah                                         
       badan kita .di bawah hamba Allah yang hina dan minta rizqi
       Yang   halal . dan mohon mati di dalam iman dan lain-lainnya .
22 . Alfatihah ‘ala hadihinniyati . -------------------------------------------------------( 1 x )
23 . Lahaula wala quwwata illabillahil’aliyyil’azhiim . ----------------------------------- ( 500 x )
24 . Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadinin nabiyyil umiyyi wa’ala
      ‘alihi washohbihi wassalam . -----------------------------------------------------( 100 x )
25 . Allahumma anta maqshudi waridhoka mathlubi’athini muhibbataka 
       wama’rifataka washollallahu’ala sayyidina muhammad wa alihi                   
       washohbihi ajma’iin walhamdulillhi robbil ‘alamiin
26 . Yalathif  . --------------------------------------------------------------------- ---------- ( 16641 x )
27 . Sholawat . -----------------------------------------------------------------------( 100 x )
28 . Kemudian tawajuh kepada    -----DZAT TUHAN ‘AZZA WAJALLA----
Lalu membaca do’a yang dinamakan khushushiyah bagi yalathif  inilah do’a-nya

DO’A-NYA :

Alhamdulillahi robbil‘alamin washshalatu washshalamu ‘ala syaidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’iin . allahumma yalathifu – yalathifu – yalathifu . yaman wasi’a luthfuhu ahlas samawati walardi . nas aluka bikhofiyyi –khofiyyi luthfikal khofiyyi . antahfiyana fiikhofiyyi khofiyyi khoffi . innaka qulta waqaulakal haqqu . allahu lathifu bi’ibadihi yarzuqumayyasyau wahuwal qowoyul ‘aziz . allahumma innanas aluka . yaqowwiyu – ya’azizu – yamu’inu – biquwwatika wa’izzatika . yamatinu – anyakuna lana aonan wamu’inan fiijami’il ahwali wal af’ali wajamii’I manahnu fihi minfi’lil khairoti . waantadfa ‘annakulla syirri wani’mati wamihnati qodits tahqoqna hamin ghoflatika wadzunubina fainnaka antal ghofururrohiim waqodqulta waqaulakal haqqu waya’fu ‘ankatsiri . allahumma yaman lathoftu bihi wawajahtuhu ‘indaka waja’altalluthfal khafiyyata bi’alahun haitsu tawajjahu asaluka antuwajjihanii ‘indaka waantakhfiyanii bikhofiyyi luthfika innaka ‘ala kulli syaiin qodiir washalallahu ‘ala saidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi wasalam walhamdulilahi robbil ‘alamiin – amiin ( alfatihah )      

Artinya : Sebenarnya masih banyak lagi kifayah thoreqat dzikir baik dzikir billisan maupun dzikir biqolbi (lathoif) yang ada para ahlinya : yang penting adalah ketekunan riyadhoh (latihan) selalu dengan mujahadah bersungguh-sungguh hati karena (dzikrullah) itu sangat besar artinya (hikmahnya) diantaranya hikmahnya meneguhkan menentramkan hati mensuburkan kedamaian hati, karena (dzikrullah) pun membersihkan hati. Perhatikanlah firman alah ta’ala : (waladzikrullahi akbar) al’ankabut=sesungguhnya dzikir / mengingat / menyebut nama alah itu sangat besar artinya (keutamaan dan lagi (aladzikrullahi tathma’inul qulub .al arr’d 38) ketahuilah bahwa berdzikrullah / menyebut nama allah itu meneguhkan menentramkan hati . dan sabda rasulullah .s.a.w. (inna likulli syaiin shoqolatan fainna shoqolatal qolbi dzikrullah) artinya : sesungguhnya bagi tiap-tiap sesuatu adalah mencucinya / pembersihnya, maka sesungguhnya (pembersih hati adalah dzikrullah) .

Adapun hati yang tidak bersih iyalah hati yang tertutup oleh pikiran ‘alam pikiran yang penuh dengan macam-macam pikiran  - maksud – maksud angan – angan goresan cita cita yang tertuju kepada selain allah, maka hendaknya rajin berlatih (riyadhoh) menjalankan dzikrullah itu dengan segaa daya upaya membersihkan pikiran dari segala maksud selain allah semata –mata, diambil kepahaman dari kata –kata do’a : (ilahi antal maksudi) artinya : ya allah tuhanku hanya engkau sajalah yang mengetahui maksud / tujuan. Tetkala menjalankan dzikrullah. Sekaligus melatih agar pkiran tunduk dan mengikuti (qolbu) yang sedang berdzikir, dan dihaluskan apa yang terlintas dipikiran tetap diputuskan pada haqeqat ma’ani : (ilahi antal maksudi)
Maka samai disini kita sudahi tulisan yang dihimpun didalam kitab yang kami namakan (jalan menuju tuhan) ini dengan do’a penutup dikutip dari do’a imam ghajali :

Bismillahirrohmanirrohiim :
Nastaghfirulahi ta’ala min kulli majalat bihil qodamu authogho bihil qolamu fiikitabina wafiisairi kutubina. Wanastaghfiruhu min aqwalinal latii latuwafiquha ‘amaluna. Wanastaghpfiruhu mimma adda’ainahu wadhharnahu minal ‘ilmi walbashiroti bidinillahi ma’a taqsirifihi . 
Artinya kami mohon ampunan yaa allah dari sekalian kaki yang tergelincir atau pena yang keterlaluan dalam kitab ini dan kitab kami yang lain dan kami mohon ampun dari sekalian perkataan kami yang tak sesuai dengan perbuatan kami. Dan kami mohon ampunan dari sekalian yang kami anjurkan berupa ilmu atau pandangan yang sendiri kurang menjalankannya. 

 Wanastaghfiruhu minkulli ‘ilmin wa’amalin qothon nabihi wajahul kariima tsumma kholathohu ghoiruhu.
Wanastaghfiruhu minkull wa’din wa’ad yahu bihi anfusana tsumma qoshorna fiilwafaibihi.

Artinya : dan kami mohon ampunan dari semua ‘ilmu dan ‘amal yang pada mulanya dimaksudkan karena allah yang maha mulya kemudian bercampur dengan maksud lain. Dan kami mohon ampun dari semua janji yang kami janjikan lalu kami tidak menepatinya.

Wanastaghfiruhu  minkulli  ni’matin  an’amabiha ‘alaina  fasta’malna  hafii ma’syiyati.

Artinya : dan kami mohon ampun dari semua ni’mat yang diberikan kepada kami kemudian kami salah gunakan didalam ma’syiat.

Wanastaghfiruhu minkulli tasrihiin wata’ridhiin binuqshonin naqishiin wanaqshirin muqoshshirin kunna muttashifiina bihi.
Artinya : dan kami mohon ampun dari segala ucapan yang kami nyatakan buruknya secara langsung atau dengan sendirinya padahal kami terlibat memakinya.

Wanastaghfiruhu minkulli khothritin wada’anta yatashona ‘un wataqollufun tazayyunan linnasi fiikitbin sathornahu aukalamin nazomnahu au’ilmin dzalika kullihi lana waliman thola’a kita bana.  

Hadza aukatabahu ausami’ahu antakarri bilma’rifati warrohmati wattajawuzi ’anjami’issaiati zhohiron wabathinan fainnal karoma ‘amimun warohmatan wasi’ahu walhubda ‘ala ashnanil kholaiqi faidhun lawasilatu lana ilaihi illa madhlahu wakaromatu. AMIIN –AMIIN – AMIIN

Artinya : dan kami mohon ampun dari semua yang kami terangkan geraq geriq kami yang berlebihan dalam mengubah atau menguraikan sesuatu kata atau ‘ilmu. Sesudah itu selesai kami minta ampun dari dosa semuanya , maka kami mohon ampun untuk diri kami dan untuk sekalian orang yang membaca kitab

Artinya : kami yang menyalin atau yang mendengar isi dan keterangan kitab ini. Mohon dikaruniai dengan ampunan serta rahmat sehingga terhitung tiada ada dosa kami dhohir bathin kami dapat karuniamu maka sesungguhnya kemulyaan maha sempurna dan rahmat tuhan sangat luas dan kemurahanmu kepada sekalian makhluq sangat melimpah ruah . tiada jalan bagi kami kepadanya selain mengharap limpah karunia dan kemurahan tuhan .YAA ROBBUL ‘ALAMIIN.  AMIIN – AMIIN – AMIIN











Tidak ada komentar: